Yuk, Ikut Belajar di Kelas Gratis Cousera!

http://studimedis.com/services/

Kelas daring dari kampus diundur lagi.

Meskipun kecewa, tapi apa bisa dikata. Bagaimana bisa egois jika guru-guru kami sedang berjuang di garda terdepan?

Mahasiswa kedokteran, terutama yang sedang mengikuti masa pendidikan profesi (ko-as) memang dirumahkan semua dimasa pandemi ini. Bukannya tidak mau membantu, tapi risikonya besar. Terlebih lagi posisi kami di rumah sakit hanyalah sebatas mahasiswa yang belajar, apapun masih harus dikonfirmasi ke dokter pembimbing untuk menghindari kesalahan.

Selama dirumah ini, aku banyak mengisi waktu dengan membantu merapikan rumah dan membantu mama membuat masker. Tapi dalam hati ini semangat belajar masih membara. Sedih sekali rasanya harus berhenti belajar.

Akhirnya aku cari kelas-kelas online gratis. Yang berbahasa indonesia ada, tapi berbayar. Kalau dapat kartu pra-kerja mah enak dibayarin, tapi aku kan masih sekolah. Mana bisa daftar.

Kelas Online Cousera

Pencariannya terjawab. Ada banyak juga yang menyediakan kelas gratis. Bersimpati dengan bencana global yang tidak dapat dihindari. Sebuah artikel dari class central, merangkum 115 kelas online gratis (+sertifikat) yang disediakan Cousera.

Cousera sampai saat ini adalah platform Massive Open Online Courses (MOOC) terbesar di dunia. Ada sekitar 5000 kelas yang ditawarkan, dengan pengajar dari berbagai universitas top dunia.

Kelas online gratis studimedis.com

Kata kuncinya terbesar di dunia ya, jadi bahasa yang digunakan juga bahasa inggris. Untuk kalian yang pengen belajar bahasa inggris, kelas-kelas ini bisa banget diikuti. Selain bisa dapat ilmu, bisa mengembangkan skill bahasa inggris. Nanti kalau udah terbiasa belajar pake bahasa inggris, jangan-jangan setelah pandemi malah lanjut studi di luar negeri, hehe.

Di amin-kan saja yak saudara-saudara, mumpung lagi puasa!

Balik lagi ke Cousera, platform ini memang pembelajarannya gratis, tapi sertifikatnya bayar. Ya kalau mau belajar aja ya semua materi bisa diakses. Mulai dari video, pdf materi, sampai ke kuis ya bisa diakses. Tapi kalau mau sertifikat, harus bayar. Harganya sekitar $49. Bayar pake kartu kredit atau paypal.

Udah mau mundur pas dibilang bayar? Jangan dulu dong!! Kan tadi udah kubilang ada 115 kelas online yang gratis sertifikat?

Iya memang gratis-tis guys. Cousera ngasih kesempatan pembelajar dari seluruh dunia buat memanfaatkan waktu dan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini nantinya akan diberikan dengan nama kita sendiri, lalu bisa dipajang di Linkedin. Lumayan kan, buat memperbaiki CV!

Yang mau liat apa aja kelas gratisnya, bisa cek disini : class central

Cara Daftar Kelas Online Gratis

Pertama, buka dulu link diatas. Ada 115 kelas yang ditawarkan dengan beragam topik. Bisa dipilih apa yang kalian mau. Ada kelas buat anak-anak kesehatan sepertiku, ada juga topik tentang personal branding, komputer, sains, bahasa, musik, ekonomi dan bisnis.

Kelas online gratis studimedis.com
kelas kimia dari Duke University

Setelah dipilih mau mengambil kelas apa, nanti klik go to class. Bakal di arahkan ke halaman cousera langsung.

Kelas online gratis studimedis.com

Klik enroll for free. Disana ada disclaimernya, enroll today and get this course for free. Diskonnya akan langsung masuk pas checkout. Promonya valid sampai tanggal 31 Juli (diperpanjang lho, awalnya hanya sampai Mei saja).

Kelas online gratis studimedis.com
Kelas online gratis studimedis.com

Beneran gratis kan! Aku sampai checkout 17 kelas sekaligus saking senangnya haha. Tapi ingat, penawaran ini terbatas dan sertifikatnya terbatas. Jadi usahakan supaya selesaikan kelasnya sebelum tenggat ya! Jangan malas-malasan!

Di artikel selanjutnya akan kubahas soal bagaimana cara belajar di cousera. Mungkin bakal bahas juga perbandingan kelas online berbahasa indonesia yang ada saat ini (ada beberapa yang sudah kucoba, jadi nanti bisa bikin pembahasan dikit, buat refrensi kalian yang mau coba kelas online untuk mengisi waktu).

23 thoughts on “Yuk, Ikut Belajar di Kelas Gratis Cousera!

  1. 3835info Reply

    Wah keren nih kelas gratis dalam bahasa ingris pula, daftar ah sekalian menguji kemampuan english ku.

  2. Putu Sukartini Reply

    Waaa menarik banget ini kelas onlinenya
    Walaupun belajar dari rumah tapi ilmunya gak kaleng-kaleng pastinya
    Apalagi bersertifikat gitu, jaminan kualitas banget deh ya

  3. sarahjalan_ Reply

    mantul ada 115 kelas , ini mah bisa pusing sendiri yang mana yang mau diikuti…tapi kalo aku pribadi inginnya mendalami kelas musik kali ya, soalnya hobbynya disana . ntar aku coba kepoin applikasinya deh

    • admin Post authorReply

      ada teori musik dan juga gitar kalau nggak salah kak. boleh dicoba nih

  4. Dizaz Reply

    Wuih, pilihan kelasnya sangat banyak, dan gratis pulak. Hampir semua bidang ilmu dan hobi sepertinya ada ya, mba. Ikutan kepoin aplikasinya juga ahh.

  5. Kang Masroer Reply

    Kelas-kelas online semacam cousera ini sangat membantu kita dalam upaya mengupgrade kemampuan diri, sekaligus buat ngisi waktu dan mengusir rasa jenuh di musim pandemi ini.

  6. Siti Mustiani Reply

    Keren juga nih bisa dapat ilmu walaupun di rumah aja, bisa pilih pelajaran apa yang ingin dikuasai apalagi gratis pula

  7. Rindang Yuliani Reply

    Hmm, kursus Bahasa Inggrisnya menggiurkan nih. Bahasa Inggrisku masih ngaco. Aku ingin ikut ah. Bookmarked postingan ini dulu.

  8. Aldhi Fajar Reply

    Cocok buat ngisi waktu yang WFH
    keadaan pandemi gini harus lebih prdofuktif, salah satunya menambah ilmu dan wawasan biar makin mantap
    thanks sharingnya mbak

  9. Mutiara Sy Reply

    Oalah, ini ya yang ada di story Fira beberapa waktu lalu?. Kayaknya seru ya Fir, nyari kegiatan kayak online course di masa ppandemi kayak gini. Biar ga gabut banget hehehe.

    • admin Post authorReply

      iya uni, lumayan seru buat dicoba. apalagi kelas fisiologinya, buat refresh materi yang udah terlupakan.
      sebenarnya banyak course yang lain kayak anatomi atau neurosains, tapi nggak kasih sertifikat gitu

  10. Vita Reply

    Gara2 Pandemi semua yang off the line harus on the line ya termasuk urusan belajar. Sebenernya belajar online sudah lama, cuma sekarang jadi kebutuhan karena physical distancing. Menarik juga, bisa dual language pula. Trims infonya kak. Kayaknya seru nih.

  11. tukang jalan jajan Reply

    online course selama pandemi ini emang penting banget sih untuk mengisi waktu supaya bermanfaat. Apalagi kalau gratis… ya serbu laaah. tunggu apa lagi! mau ikutan akh

  12. Dian Reply

    Ini nggak hanya kursus seputar medis aja kan kak? Ada g klo yg ilmu sosial gitu..
    Pengen ikutan juga

    • admin Post authorReply

      tidak, pilihannya lumayan banyak kak. malah menurutku hampir semua bidang ada.

  13. Samleinad Reply

    Informasi yg bagus nih. Kita bisa memilih kelas online yg sesuai minat kita, ada 115 kelas yg bisa dipilih utk menambah pengetahuan dan keterampilan kita

    • admin Post authorReply

      jika sertifikatnya masih tersedia, maka tenggatpun tidak masalah. ada opsi reset deadline dan masih bisa lanjut selesaikan tugas yang belum selesai

  14. marfa Reply

    Aku juga udah enroll di Coursera ini, tanpa sertifikat sih karena pilihanku udah nggak gratis hiks. Tapi gapapa yang penting mah ilmunya, udah seneng bgt karena kurikulumnya juga dari luar negeri, serasa kuliah di luar negeri hahah

  15. Apura Reply

    Fira anak rajin. . Aku juga daftar kelas kelas online. Ada yang bayar, ada yang gratisan. Ada yang dapat sertifikat, ada juga yang tidak. Emang tinggal pilih aja sesuai kebutuhan ya.

  16. Hadi Reply

    Pengin coba daftr. Eh bahasa Inggris. Gak jadi. Huwaaaaaa. Nggak ngerti aku artinya kak. 🙁

  17. Siska Dwyta Reply

    Wah baru tahu ada kelas online bahasa Inggris yang sediain materi gratis,kecuali sertifikatnya. Sp Asyik nih buat dipake belajar apalagi di momen seperti sekarang ini. Belajar online tentu bisa jadi salah satu cara kita agar tetap produktif dari rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *