[Abstrak] Komposisi Makronutrien pada Diet dan Perubahan Berat yang Diharapkan pada Partisipan pada Studi EPIC-PANACEA

Latar Belakang : Efek dari komposisi makronutrien dari diet yang biasa dengan pemeliharaan berat jangka panjang masih menjadi perdebatan

Metode : 373,803 subjek berusia 25-70 tahun diajak untuk berpartisipasi dan 10 negara di arupa (1992-2000) dalam proyek PANACEA dari kohort EPIC. Diet diikur pada baseline menggunakan kuisioner tervalidasi spesifik Negara sedangkan berat dan tinggi diukur pada baseline dan dilaporkan sendiri saat melakukan follow up di pusat kesehatan. Hubungan antara perubahan berat setelah follow up 5 tahun dan penggantian iso-energi dari 5% energi dari satu makronutrien oleh 5% energi makronutrien lain diukur melalui mixed-models multivariat linier. Resiko menjadi overweight atau obese setelah 5 tahun diteliti dengan regresi Poisson multivariate bertingkat menurut BMI awal.

Hasil : proporsi lebih tinggi energi dari lemak dengan mengorbankan karbonhidrat tidak berhubungan secara signifikan dengan perubahan berat badan setelah 5 tahun. Namun, proporsi lebih tinggi energi dengan mengorbankan energi dari lemak secara positif berasosiasi dengan peningkatan berat. Proporsi lebih tinggi energi dari protein dengan mengorbankan karbohidrat juga berhubungan positif dengan peningkatan berat badan, terutama ketika karbohidratnya kaya dengan serat. Hubungan antara persentase energi dari protein dan berat berubah sedikit banyak pada partisipan yang overweight, perokok, partisipan yang berusia ≥60 tahun, partisipan yang tidak melaporkan intak energi dan partisipan dengan pola diet yang pilih-pilih. Dibandingkan dengan diet dengan tidak lebih 14% energi dari protein, diet dengan lebih dari 22% energi dari protein lebih mungkin memiliki resiko 23-24% lebih tinggi untuk menjadi overweight atau obese dalam berat normal dan subjek overweight pada baseline.

Kesimpulan : Hasil yang didapatkan setelah partisipan mengonsumsi sejumlah protein diatas asupan protein yang direkomendasikan oleh American Diabetes Association mengalami resiko lebih tinggi untuk menjadi overweight atau obese selama usia dewasa.

Jurnal dapat diakses di : PUBMED

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnalSweileh,Vergnaud, AC., 2013. Macronutrient composition of the diet and prospective weight change in participants of the EPIC-PANACEA study. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *