[Abstrak] Kebiasaan Tidur Dan Masalah Tidur Diantara Mahasiswa Palestina

Kebiasaan Tidur

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kebiasaan tidur dan masalah tidur pada populasi mahasiswa S1 di Palestina. Asosiasi antara kualitas tidur dan prestasi akademik yang dilaporkan sendiri juga diselidiki.

Metode : kebiasaan dan masalah tidur diselidiki dengan menggunakan convenience sample mahasiswa dari An-Najah Universitas Nasional, Palestina. Penelitian ini dilakukan pada semester musim semi, 2009. Self-administered kuesioner yang dikembangkan berdasarkan kriteria Diagnostik dan Statistik Manual Gangguan Mental IV dan Pittsburgh Sleep Quality Index yang digunakan.


Hasil : 400 mahasiswa dengan usia rata-rata 20,2 ± 1,3 diteliti. Dilaporkan rata – rata durasi tidur malam sampel penelitian adalah 6,4 ± 1,1 jam. Mayoritas (58,3%) mahasiswa pergi tidur sebelum tengah malam dan 18% dari jumlah sampel total terbangun sebelum jam 6 pagi. Sleep Latency lebih dari satu jam terdapat pada 19,3% mahasiswa. Dua pertiga (64,8%) mahasiswa melaporkan memiliki setidaknya satu kali nocturnal awakening per malam. Mimpi buruk adalah parasomnia yang paling umum dilaporkan oleh mahasiswa. Tidur pada siang hari biasa terjadi dan dilaporkan oleh 74,5% sampel penelitian. Kualitas tidur dilaporkan sebagai “buruk” oleh 9,8% sampel dan bermakna signifikan dengan latensi tidur, frekuensi terbangun pada malam hari, waktu pergi tidur, mimpi buruk tapi tidak dengan prestasi akademik.

Kesimpulan : Kebiasaan tidur dikalangan mahasiswa Palestina sebanding dengan yang dilaporkan studi di Eropa. Masalah tidur umum terjadi dan tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dan prestasi akademik

Jurnal dapat diakses di : PMC

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnalSweileh, W., Ali, I., Sawalha, A., et al., 2011. Sleep Habits and Sleep Problems Among Palestinian Students. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

1 thought on “[Abstrak] Kebiasaan Tidur Dan Masalah Tidur Diantara Mahasiswa Palestina

  1. Pingback: [Abstrak] Tidur dan Olahraga yang Tidak Adekuat Berhubungan dengan Burnout dan Depresi diantara Mahasiswa Kedokteran - Studi Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *