[Abstrak] Skor Pemeriksaan Fisik Untuk Memprediksi Kebutuhan Operasi Pada Neonatus Dengan Necrotizing Enterocolitis

foto pencitraan usus anak dengan necrotizing enterocolitis

Tujuan : Untuk mengevaluasi kegunaan skor pemeriksaan fisik standar (PE-NEC) dalam memprediksi kebutuhan operasi atau kematian pada neonatus dengan necrotizing enterocolitis (NEC).

Metode : Penelitian prospektif, multisenter, dan observasional ini dilakukan dari 3/1/14 hingga 2/29/16 dengan mengambil data tiga pusat perinatal regional di New York bagian utara. Bayi dengan NEC Bell’s Stage ≥ 2  menerima pemeriksaan fisik dan laboratorium yang dicatat tiap 12-24 jam selama 48 jam setelah diagnosis. Skor PE-NEC terdiri dari tujuh komponen: bising usus, capillary refill time, eritema dinding perut, lingkar perut, perubahan warna, indurasi, dan nyeri tekan. Waktu bedah ditentukan oleh ahli bedah tanpa mengacu skor PE-NEC. Sensitivitas dan spesifisitas skor PE-NEC yang optimal (hasil primer) untuk pembedahan/kematian ditentukan oleh analisis kurva karakteristik operasi pasien.

Hasil : Dari 100 bayi dengan NEC, 5 memiliki pneumoperitoneum saat diagnosis dan dikeluarkan dari sampel sehingga menghasilkan 95 data untuk dianalisis. Dari 95 bayi, 35 bayi mengalami hasil: 3 meninggal karena NEC sebelum operasi dan 32 bayi menjalani operasi (30 laparotomi, 2 drainase). Skor PE-NEC ditemukan sensitif dan spesifik untuk penentuan kebutuhan operasi/kematian (AUC = 0,89, 95% CI 0,82-0,97); skor ≥3 memiliki sensitivitas 0,88 (95% CI 0,72-0,97), spesifisitas 0,81 (95% CI 0,69-0,90 ). Semua komponen skor PE-NEC lebih cenderung hadir di antara bayi dengan NEC bedah atau yang meninggal.

Kesimpulan : Skor PE-NEC sensitif dan spesifik dalam memprediksi kebutuhan operasi pada bayi dengan NEC dan harus divalidasi untuk dijadikan alat pengambilan keputusan klinis.

Jurnal dapat diakses di : Journal of Perinatology

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnal Khalak, R., Angio, C., Mathew, B., Wang, H., Guilford, S., Thomas, E., dan Meyers, J., 2018. Physical Examination Score Predicts Need For Surgery In Neonates With Necrotizing Enterocolotis. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *