[Abstrak] Serangan Jantung Mendadak Pada Orang Dengan Epilepsi Di Masyarakat : Kondisi Dan Faktor Risiko

Tujuan : Untuk memastikan apakah karakteristik dari ventricular tachycardia/fibrillation (VT/VF) berbeda antara orang dengan epilepsi dan mereka yang tidak serta individu dengan epilepsi manakah yang berada pada risiko tertinggi.

Metode : Kami meneliti 18 orang dengan epilepsi aktif yang dalam pendataan berbasis komunitas pernah memiliki serangan jantung mendadak (sudden cardiac arrest atau SCA) dengan VT/VF terkonfirmasi EKG (kasus). Kami membandingkannya dengan 470 individu dengan VT/VF tanpa epilepsi (kontrol VT/VF) dan 54 individu dengan epilepsi tanpa VT/VF (kontrol epilepsi). Data tentang komorbiditas, keparahan epilepsi, dan penggunaan obat dikumpulkan dan masuk ke dalam pendataan model regresi logistik (bersyarat) untuk mengidentifikasi determinan dari VT/VF di epilepsi.

Hasil : Dalam kebanyakan kasus, ada penyebab kardiovaskular yang jelas (10/18) atau diduga (5/18) jika melihat ke sisi riwayat penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya. Dalam 2 dari 3 kasus yang tersisa, terdapat kematian tiba-tiba yang tidak terduga di epilepsi (Sudden Death In Epilepsy atau SUDEP) setelah resusitasi yang sukses. Kasus ini memiliki prevalensi lebih tinggi pada penderita dengan penyakit jantung kongenital/bawaan (17% vs 1%, p 5 0,002), dan mengalami VT/VF pada usia yang lebih muda (57 vs 64 tahun, p 5 0,023) daripada kontrol VT/VF. VT/VF dalam kasus terjadi lebih sering saat berada di/dekat rumah (89% vs 58%, p 5 0,009), dan kurang sering disaksikan (72% vs 89%, p 5 0,048) dibandingkan dengan kontrol VT/VF. Kasus lebih sering memiliki penyakit jantung yang relevan secara klinis (50% vs 15%, p 5 0,005) dan cacat intelektual (28% vs 1%, p, 0,001) dibandingkan kontrol epilepsi.

Kesimpulan : Penyakit kardiovaskular daripada karakteristik epilepsi adalah penentu utama  VT/VF pada orang dengan epilepsi di masyarakat. SCA dan SUDEP secara parsial tumpang tindih dalam entitas penyakit. Neurology® 2015; 85: 212–218

Jurnal dapat diakses di : PMC

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnal Robert J. Lamberts, Marieke T. Blom, Merel Wassenaar, Abdennasser Bardai, Frans S. Leijten, Gerrit-Jan de Haan, Josemir W. Sander, Roland D. Thijs, dan Hanno L. Tan, 2015. Sudden Cardiac Arrest In People With Epilepsy In The Community. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

1 thought on “[Abstrak] Serangan Jantung Mendadak Pada Orang Dengan Epilepsi Di Masyarakat : Kondisi Dan Faktor Risiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *