[Abstrak] Hubungan Antara Peningkatan Berat Badan pada Trimester Dua dan Tiga pada Kehamilan dengan Outcome dari Ibu dan Janin.

Peningkatan Berat Badan

Tujuan : Untuk meneliti hubungan antara peningkatan berat badan mingguan, selama trimester dua dan tiga, diklasifikasikan sesuai dengan rekomendasi 2009 Institute of Medicine (IOM/NRC), pada outcome ibu dan janin.

Metode : Peningkatan berat badan gestasional yang dievaluasi pada 2.244 wanita hamil pada Brazilian Study of Gestational Diabetes (Estudo Brasileiro do Diabetes Gestacional –EBDG). Outcome yaitu kelahiran sesar, kelahiran premature, dan besar atau kecil berat untuk usia lahir janin (SGA, LGA). Hubungan antara peningkatan berat badan yang tidak adekuat dengan outcome diperkirakan dengan regresi robust poisson yang disesuaikan untuk  data BMI sebelum kehamilan, peningkatan berat badan spesifik trimester, usia, tinggi badan, warna kulit, paritas, pendidikan, riwayat merokok, konsumsi alcohol, diabetes gestasional, dan penyakit hipertensi pada kehamilan.

Hasil : Pada model yang sudah disesuaikan, pada trimester kedua, peningkatan berat badan yang sedikit dihubungkan dengan SGA (resiko relatif [RR] 1,72, 95% confidance interval [CI] 1,26-2,33), dan peningkatan berat badan berlebihan  dengan LGA (RR 1,64, 95% CI 1,16-2,31); pada trimester ketiga, peningkatan berat badan berlebihan dengan kelahiran premature (RR 1,70, 95% CI 1,08-2,70) dan kelahiran sesar (RR 1,21 95% CI 1,03-1,44). Wanita dengan peningkatan gestasional yang kurang dari yang direkomendasikan pada trimester dua memiliki resiko yang lebih rendah untuk kelahiran sesar (RR 0,82, 95% CI 0,71-0,96) daripada wanita dengan peningkatan berat badan gestasional pada trimestes ini.

Kesimpulan : meskipun tidak cukupnya peningkatan berat badan pada trimester tiga tidak berhubungan dengan efek samping outcome yang buruk, penyimpangan lainnya pada peningkatan berat badan rekomendasi pada trimester dua dan tiga dihubungkan dengan efek samping outcome yang buruk. Temuan ini mendukung rekomendasi 2009 IOM/NRC untuk monitoring nutrisi selama kehamilan.  

Jurnal dapat diakses di : PMC

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnal Drehmer, M., Duncan, B., Kac, G., Schmidt, M., 2013. Association of Second and Third Trimester Weight Gain in Pregnancy with Maternal and Fetal Outcomes. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *