[Abstrak] Aritmia Jantung Selama atau Setelah Serangan Epilepsi

Kejang yang berhubungan dengan aritmia jantung sering dilaporkan dan telah diimplikasikan sebagai mekanisme penyakit potensial dari kematian mendadak tak terduga di epilepsi (Sudden Unexpected Death in Epilepsy aka SUDEP). Kami berusaha mengidentifikasi profil  klinis yang terkait dengan aritmia jantung post(ictal) Kami melakukan pencarian sistematis dari tanggal pertama data tersedia hingga Juli 2013 dengan mengombinasi dua istilah: ‘aritmia jantung’ dan ‘epilepsi’. Database yang digunakan untuk pencarian adalah PubMed, Embase (versi OVID), Web of Science dan COCHRANE. Kami berusaha mengidentifikasi semua laporan kasus dan seri kasus.

Kami mengidentifikasi tujuh pola yang berbeda dari aritmia jantung post (ictal): asistol ictal (103 kasus), asistol postictal (13 kasus), bradikardia ictal (25 kasus), blok atrioventrikular (AV) ictal (11 kasus), blok konduksi AV postictal (2 kasus), (pos) atrial fibrillation/flutter ictal (14 kasus) dan fibrilasi ventrikel postictal (3 kasus). Asistol ictal memiliki rata-rata prevalensi 0,318% (95% CI 0,316% hingga 0,320%) pada orang-orang dengan epilepsi refrakter yang menjalani pemantauan EEG-video. Asistol ictal, bradikardia dan blok konduksi AV biasanya self-limiting dalam semua kasus kecuali dalam salah satu kasus dimana terjadi kejang dyscognitif fokal.

Onset kejang sebagian besar bersifat sementara (91%) tanpa lateralisasi yang konsisten. Aritmia postictal kebanyakan ditemukan setelah kejang konvulsif dan sering dikaitkan dengan near-SUDEP. Profil klinis yang kontras dari aritmia  ictal dan postictal adalah keduanya memiliki pathomechanisme yang berbeda berbeda. Postictal daripada aritmia ictal tampaknya memiliki peranan lebih penting pada patofisiologi SUDEP.

Jurnal dapat diakses di : PMC

Abstrak diatas merupakan bagian dari jurnal Lande, M., Surges, R., Sander, J., Thijs, R., 2016. Cardiac Arrhythmias During or After Epileptic Seizures. Untuk mengakses terjemahan jurnal ini (Bahasa Indonesia) secara penuh, hubungi kontak saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *